Chain Of Custody

Chain Of Custody (CoC) adalah kronologis pendokumentasian barang bukti, dari mulai di temukan di TKP hingga penduplikasian dan penyimpanannya baik secara fisik ataupun digital.  Dengan kata lain, CoC adalah sebuah dokumentasi dari barang bukti yang harus dijaga tingkat keasliannya sesuai dengan kondisi ketika pertama kali ditemukan. Dalam kasus hukum, ketika dalam proses persidangan diperlukan untuk menunjukkan secara fisik barang bukti, maka pihak penegak hukum harus dapat menunjukannya dengan kondisi yang sesuai dengan penjelasan pada materi dalam tuntutan. CoC juga harus memuat dokumentasi terkait dengan perjalanan dan penggunaan dari barang bukti, misalnya ketika barang bukti dikeluarkan dari tempat penyimpanannya untuk kepentingan analisis atau proses penyidikan harus terekam dalam catatan CoC yang menyertai barang bukti tersebut. Intinya CoC adalah hal yang terkait dengan : Handling of evidence and its integrity, atau process that tracks the movement of evidence through its collection, safeguarding, and analysis lifecycle by documenting each person who handled the evidence, the date/time it was collected or transferred, and the purpose for the transfer.

Berikut ini adalah beberapa hal yang umumnya dilakukan dalam proses investigasi untuk menjaminkan CoC, yaitu :

  • Selalu mendokumentasikan semua kondisi yang terjadi pada barang bukti.
  • Dokumentasi dilengkapi dengan foto dan video untuk menjaminkan bahwa semua proses penanganan barang bukti telah sesuai dengan ketentuan.
  • Selalu memberikan label segel pada barang bukti untuk menjaminkan authonetifikasi barang bukti, demikian juga ketika harus membuka segel prosesnya terdokumentasi dengan baik.
  • Mencatat dalam log setiap individu yang bersinggungan dengan barang bukti.
  • Form untuk dokumentasi dibuat rangkap.

 Ada banyak ragam form / tempelete untuk CoC, berikut ini adalah beberapa diantaranya : chain chain2

Beberapa form siap pakai bisa dilihat di link berikut :

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.